Beberapa Tips Agar Laptop Tidak Lemot


Tentunya kita tidak ingin mencicipi kinerja dari laptop yang kita gunakan menjadi lambat, selain mengganggu kenyamanan juga dapat menggangu kinerja kita. Sebenarnya aneka macam hal – hal yang sanggup memicu lambatnya kinerja dari sebuah laptop, mulai dari segi software-nya ataupun dilema pada hardware-nya juga. Kaprikornus di sini saya akan membagikan beberapa tips agar laptop anda menjadi lebih lancaar dan tidak lemot berikut ialah ulasannya:

1. Unistal jadwal yang tidak di butuhkan

 Apabila terlalu banyak aplikasi yang di instal ini akan menghipnotis kenierja laptop itu sendiri. Itu di sebabkan karna aplikasi yang kita instal memakan resource memory dari laptop sehingga menciptakan pengalokasian memorynya menjadi tidak optimal. Untuk itu untuk itu uninstal progaram yang tidak di butuhkan.
berikut cara nya: Klik kanan properti di dekstop – pilih “properti” – klik “open file                                  location” -lalu klik 2x “unsinstal program” – sesudah aktivitas di unsinstal                          restart laptop.

2. Membersihkan hardware secara terpola

  Debu pada software akan menyumbat raung pengeluaran udara dan menggaggu dari pada hardware pada laptop, hal terbaik bersihkanlah menggunakan sikat secara hati-hati, kemudian bongkar heatsink pada laptop kau, kalau terdapat debu yang menumpuk sebaiknya bersihkan dari debu, jangan gunakan air untuk membersihkan hardware kamu bila tidak menginginkan terjadinya konsleting, gunakan lap atau kuas yang kering untuk mengusap debu pada permukaan hardware kamu.
3. Hindari terlalu banyak multitasking pada laptop

  Kadang waktu kita lagi buru buru kita membuka multitasking terlalu banyak pada pada laptop.tentunya ini yakni cara salah yang kamu gunakan sebaiknya bukalah program satu persatu agar program kamu tidak mengalami not responding atau pada dasarnya lemot. Lihat spesifikasi laptop kamu sesuaikan dengan kebutuhan dari program-program yang ada pada laptop.

4. Membersihkan virus yang menginfeksi laptop

    Menurut saya virus yang bersarang pada laptop sanggup menjadikan kinerja dari laptop itu menjadi lambat, lantaran sebagian virus ada yang tinggal di memory pada dikala laptop pertama kali melakukan booting, dan juga ada tipe virus yang sengaja memenuhi beban memory yang jadinya memperlambat kinerja dari sebuah laptop. Untuk itu sebaiknya pastikan anti virus yang terpasang pada perangkat anda selalu terupdate, dan jangan lupa untuk melaksanakan scanning system secara teratur.Salah satu tipe dari virus yang cukup menyebalkan ialah adware. Ketika Anda membuka suatu browser, langsung muncul iklan dari search engine nya atau homepagenya bukan default dari browser tersebut. Ini mengindikasikan bahwa laptop Anda telah terkena virus adware. Ini dikarenakan Anda asal menginstall software tanpa mengerti dan membacanya terlebih dahulu. Untuk mengatasinya, Anda mampu menggunakan software “Adware Remover”.

5Program Berat Jangan Di Jalankan
   Corel Draw ialah salah satu jadwal yang berat untuk di jalankan, sobat saya memperlihatkan saran kepada saya, dia adalah seorang arsitektur,  RAM yang beliau gunakan untuk standar desain pekerjaanya tersebut yakni sebesar 8GB, kemudian core yang beliau gunakan Intel Core i7, tentu layaknya spesifikasi pada laptop menyesuaikan dari penggunaan kau. Jika kau hanya seorang mahasiswa instal lah jadwal standar di laptop kamu, mirip Ms. Office, Antivirus,dan lain sebagainya.

6. Insatal ulang laptop anda
   
   Setelah mencoba melaksanakan scaning, membersihkan virus dan lain sebagainya telah Anda lakukan dan ternyata masih lemot, Anda bisa mencoba untuk berkonsultasi dengan service yang ada di sekitar Anda. Apakah perlu di lakukan instalasi ulang.Simpan terlebih dahulu file dokumen penting yang berada di sistem agar tidak terhapus saat proses instalasi ulang. Mungkin Anda ada menyimpan file di documet C, cek terlebih dahulu. Sehingga file yang berhubungan dengan dokumen penting masih sanggup Anda gunakan nantinya.

Biasanya sehabis melaksanakan instalasi ulang, performa laptop akan kembali normal mirip semula, asalkan kondisi hardware yang ada pada laptop tidak terganggu. Seperti kondisi performa prosesor, RAM dan harddisk masih dalam kondisi prima.
Memang banyak cara di luar sana yang mampu anda lakukan supaya laptop yang anda pakai tidak lemot, namun  dengan mengikuti beberapa tips di atas sudah cukup agar laptop yang anda miliki tidak lemot lagi, Semoga artikel di atas mampu membantu sahabat sekalian dan terimakasih telah berkunjung.
WASSALAM